Strategi BKAS Dalam Pengajaran Materi Sastra Puisi Rakyat Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Oleh Guru SMPN 5 Kota Bengkulu

  • Zhazhabilla Meilania Bintaro UIN FATMAWATI BENGKULU
  • Heny Friantary UIN FATMAWATI BENGKULU
  • Feny Martina UIN FATMAWATI BENGKULU
Keywords: Strategi Pengajaran, Sastra, Materi Puisi Rakyat

Abstract

Dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia guru akan menerapkan beberapa strategi dalam pengajarannya, materi puisi rakyat merupakan salah satu bagian dari sastra. Salah satu strategi yang cocok yang dapat diterapkan pada pembelajaran materi satra puisi rakyat yakni strategi bimbingan kritik apresiasi sastra (BKAS). Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui strategi yang diterapkan dalam pengajaran materi sastra puisi rakyat pada mata pelajaran bahasa Indonesia oleh guru di SMP N 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan melakukan Observasi guru, siswa dan kelas, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi bahasa Indonesia dan siswa kelas VII G SMPN 5 Kota Bengkulu. Teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber dengan cara penegecekan data yang diperoleh. Materi puisi rakyat merupakan materi yang didalamnya terkandung karya sastra lama yang keberadaannya sudah ada sejak lama dan bersifat turun menurun. Merupakan salah satu warisan budaya bahasa yang patut juga dijaga dan diapresiasi keberadaannya. Puisi rakyat selain dapat dikaji secara pembelajaran atau ilmiah, juga dapat dipetik hikmah yang terkandung didalamnya. Maka dari itu peserta didik yang mempelajari sastra puisi rakyat selain mendapatkan pembelajaran teoritis juga mendapat nilai-nilai luhur yang terkandung didalam puisi rakyat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti kepada guru dan siswa Kelas VII G SMPN 5 Kota Bengkulu. Strategi yang digunakan oleh guru SMPN 5 Kota Bengkulu merupakan strategi BKAS meliputi kegiatan membaca, menyimak, melisankan atau mengoralkan, menulis dan menjawab pertanyaan. Strategi yang diterapkan sudah terbukti baik dengan adanya indikator penilaian yang tercapai dan dilihat dari proses pembelajaran yang berlangsung baik. Guru sebagai fasilitator utama dalam pemelajaran merupakan kunci berhasilya sebuah pebelajaran, dengan adanya guru yang profesional maka taraf keberhasilan dan perkembangan peserta didik dapat terjadi.

Author Biography

Zhazhabilla Meilania Bintaro, UIN FATMAWATI BENGKULU
  1.  

References

Ainun, Syifa “Pengertian, Ciri Ciri, dan Contoh Gurindam”, Website: academia.edu, diakses pada 19 April 2022.
Al-Maruf, Ali Imron, dkk., (2017). Pengkajian Sastra, Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.
Amar, Chairil, (2016) “Korelasi Kemampuan Memahami Ciri Pantun dan Kemampuan Menentukan Jenis Pantun dengan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Pagaralam”, Pagaralam: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Andriani, Tuti, (2015) “Revitalisasi Naskah Syair: Sebuah Solusi Dalam Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Untuk Mencintai Budaya Lokal”, Riau: Jurnal Bahasa & Sastra.
Arischa, Suci, (2019), “Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Pekanbaru”, Riau: jurnal JOM FISIP.
Bachri, Bachtiar S., (2010) "Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif", Surabaya: Jurnal Teknologi Pendidikan.
Edi, Basuki Sarwo., (2021). “Peningkatan Apresiasi Sastra Melalui Bengkel Sastra”, Palembang: Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS).
Fatimah, dkk., (2018). “Strategi Belajar dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa”, Jakarta: Pena Litersi Jurnal PBSI.
Ghassani, Bunga Cindra,(2021). Analisis Majas Metafora Dan Personifikasi Pada Syair Perahu Karya Hamzah Fansuri, UIN Sunan Gunung Jati: Textura Journal.
Harsiati, Titik, (2016). Bahasa Indonesia/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi Revisi, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hismimurti, Linda. Guru bahasa Indonesia kelas VII SMPN 5 Kota Bengkulu, Bukti Wawancara pribadi.
Imadona, dkk., (2021) “Upaya Peningkatan Keterampilan Puisi Rakyat Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kabupaten Tebo”, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial.
Istiqomah, Nuriana, dkk., (2014). Sikap Hidup Orang Jawa Dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari., Semarang: Jurnal Universitas Negeri.
Kasmi, Hendra, (2020). “Kajian Majas pada Artikel Jurnalisme Warga Serambi Indonesia”, Banda Aceh: Jurnal Metamorfosa.
Moleong, Lexy j., (2019). Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdaka.
Pratiwi, Nuning Indah, (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi, Denpasar: Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial.
Priyatni, Endah Tri, (2012). Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Santosa, Puji dan Djamari, (2015). Strategi Pembelajaran Sastra Pada Era Globalisasi, Yogyakarta: Azzagrafika.
Silismi, Elvi. Guru bahasa Indonesia kelas VII SMPN 5 Kota Bengkulu, Bukti Wawancara pribadi.
Sugiyono, (2019). Metode Peneitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syarifudin, Muhammad, dkk., (2019). “Strategi Pengajaran Sastra”, Riau: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Tim penyusun profil SMPN 5 Kota Bengkulu, diakses di DAPODIKBUD pada 20 April 2022.
Tyasititi, Nita Wahyu, dkk., (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Apresiasi Sastra Kelas VII Smp Akselerasi, Jawa Tengah Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya.
Warsita, Bambang, (2009). Strategi Pembelajaran Dan Implikasinya Pada Peningkatan Efektivitas Pembelajaran, Tangerang: Jurnal Teknodik.
Yono, Robert Rizki dan Mimi Mulyani, (2017). “Majas dan Citraan dalam Novel Kerling Si Janda Karya Taufiqurrahman Al-Azizy”, Semarang: Seloka.
Published
2022-12-30
How to Cite
Zhazhabilla Meilania Bintaro, Heny Friantary, & Feny Martina. (2022). Strategi BKAS Dalam Pengajaran Materi Sastra Puisi Rakyat Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Oleh Guru SMPN 5 Kota Bengkulu. JPI : Jurnal Pustaka Indonesia, 2(3), 93-106. https://doi.org/10.62159/jpi.v2i3.440
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>