Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT di SMPN 1 Kota Bengkulu

  • Nanik Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al Fatah Bengkulu
Keywords: Pembelajaran, PAI, ICT

Abstract

Keberhasilan belajar peserta didik disekolah sangat tergantung kepada media pembelajaran yang dipilih oleh guru. Faktor lain yang tidak bisa diabaikan dalam pembelajaran adalah melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan perencanaan, pelaksanaan yang meliputi (strategi, metode, materi, media, penilaian), evaluasi, serta mengidentifikasi kendala dan solusi mengatasi kendala dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis ICT di SMPN 1 Kota Bengkulu. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari tempat dan peristiwa, informan, dan dokumen.Tempat dan peristiwa proses pelaksanaan pembelajaran terjadi di SMPN 1 Kota Bengkulu. Informan adalah jaringan utama yang diwawancarai dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, bagian kurikulum, bagian sarana prasarana, peserta didik, pengawas sekolah, dan orang tua peserta didik. Dokumen yang diteliti adalah dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Berdasarkan Hasil penelitian dapat simpulan sebagai berikut, 1) Perencanaan yang dilakukan guru sudah sesuai dengan KTSP. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang meliputi strategi pembelajaran aktif, metode yang digunakan bervariasi :metode ceramah, tanya jawab, inquiry dan penugasan, materi : menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra, media : power point yang divisualisaikan melalui LCD, laptop, komputer dan internet, penilaian : meliputi penilaian proses dan penilaian hasil dengan system komputerisasi yang bisa diakses lewat layanan SMS Gateway. 3) Penilaian pembelajaran berbasis ICT mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik, serta mampu menumbuhkan semangat dan gairah belajar. 4) kendala pembelajaran menggunakan media ICT adalah kelas agak ramai, grogi saat presentasi, adanya anak yang belum memiliki laptop, komputer, modem, untuk mengakses materi dari internet, jaringan internet yang kadang tidak connect. Solusi mengatasi kendala, diberi pengarahan agar kelas kondusif, bimbingan, pemenuhan sarana prasarana di tiap-tiap kelas.

References

Arief Sadiman, Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Azhar Arsyat, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Hujair Sanaky, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2009.
Ivor K. Davies, Pengelolaan Belajar, Jakarta: Rajawali, 1991
Lestari, Bela Oktama. Museum Ilmu Dan Teknologi Untuk Anak-Anak Di Solo Baru. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.
Mawar, Ramadhani. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. Diss. Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.
Miningsih, Sri. "Implementasi TIK dalam Pembelajaran Mendengarkan di Sekolah Dasar."Jurnal Teknodika 1.1 (2015).
Misbahruddin, A. "Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Oleh Rumah Tangga Untuk Kehidupan Sehari-Hari."Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan 18.1 (2016).
Munawaroh, Isniatun. "Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Menumbuhkan Kreativitas dan Kemandirian Belajar."Universitas Negeri Yogyakarta (2010).
Nana Sudjana dan Ahmad Rival, Media Pengajaran, Bandung: Sinar,1998.
Nurseto, Tejo. "Membuat media pembelajaran yang menarik."Jurnal Ekonomi & Pendidikan 8.1 2012
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2004.
Ramdhani, Rahmat. Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Agama. Jurnal Ilmiah Syi'ar, 2018, 18.2: 8-25.
Sudarwan Danim, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Supriyanto, Wahyu, and Ahmad Muhsin. Teknologi informasi perpustakaan. Kanisius, 2008.
Walid, Ahmad. Strategi Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Yusuf hadi Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2007.
Published
2021-06-26
How to Cite
Nanik, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT di SMPN 1 Kota Bengkulu. GHAITSA : Islamic Education Journal , 2(2), 65-72. Retrieved from https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/303
Section
Articles