BIOGRAFI DAN PERJALANAN HIDUP KHALIFAH ABU BAKAR ASH-SHIDIQ

  • Medsuhety Julensi
Keywords: Biografi Abu Bakar,, Khalifah Abu Bakar

Abstract

Abu Bakar mempunyai nama lengkap yaitu Abdullah ibn Utsman ibn Amir ibn Amru ibn Ka’ab ibn Sa’ad ibn Taim, ibn Murrah ibn Ka’ab ibn Luayyi ibn Ghalib Al-Quraisy At-Taimi. Nama sebelum masuk Islam adalah Abdul Ka’bah dan digantikkan oleh Rasulullah Abdullah.

Abu Bakar adalah Khalifah pertama setelah Rasulullah saw wafat. Dalam pemerintahannya Abu Bakar telah memberikan sumbangsi yang sangat banyak dalam dunia Islam di antaranya Abu Bakar sudah memberantas Nabi palsu, dan pemberontakan serta membukukan Alquran menjadi satu mushaf. Abu Bakar adalah Khalifah yang bersifat lemah lembut.

            Abu Bakar mendapatkan gelar Abu yang artinya Bapak, dan Bakr artinya awal dan Ash-Shiddiq artinya yang selalu percaya dan selalu membenarkan dakwah Rasulullah. Abu Bakar adalah Khalifah yang dipilih melalui musyawarah antara Anshor dan Muhajirin. Abu Bakar menemani Rasulullah hijrah ke Madinah dan rela mengeluarkan hartanya untuk perjuangan Islam. Abu Bakar adalah seorang saudagar yang kaya saat belum memeluk Islam Abu Bakar tidak menyukai meminum hal-hal yang haram.

            Abu Bakar meninggal pada usia 63 tahun karena sakit. Dan Beliau memberikan wasiat agar Umar bin Khattab menggantikannya.

References

El-Basyiry, Munib, Abdullah.2017.Meneladani Kepemimpinan Khalifah. Jakarta:Amzah
Ahmad, Fazl. 2018. Kisah Empat Khalifah. Yogyakarta: Media Firdaus
Al-Ghamidi,Muhammad.DR. 38 Shahabat Yang Dijamin Masuk Surga. Jakarta Timur : Ummul Qura.
Ash-Shallabi, Muhammad, Ali.Prof.DR. 2018. Biografi Abu Bakar Ash-Shiddiq. Jakarta Timur: Ummul Qura.
https://id.wikipedia.org
https://www.detik.com
Published
2023-11-07
How to Cite
Julensi, M. (2023). BIOGRAFI DAN PERJALANAN HIDUP KHALIFAH ABU BAKAR ASH-SHIDIQ. GHAITSA : Islamic Education Journal , 4(3), 128-137. Retrieved from https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/954
Section
Articles