DAMPAK PENGGUNAAN SISTEM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BAGI SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

  • Oly Puspita Sari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Deni Febriani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Sepri Sepri Yunarman Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
Keywords: dampak,, blended learning,, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui Dampak penggunaan sistem pembelajaran blended learning bagi siswa pada mata pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Jenis penelitian kualitatif  suatu proses, peristiwa perkembangan data yang dikumpulkan berupa keterangan-keterangan kualitatif. Dalam teknik analisis penulis mengolah hasil wawancara dan observasi dengan mendeskripsikan kemudian menganalisis dan menyimpulkannya. Kemudian data yang diperoleh, diseleksi dan disusun. Setelah itu data data-data diklasifikasikan dilakukan analisis data. Hasil penelitian proses pelaksanaan sistem pembelajaran blended learning pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VII. Pembelajaran Blended learning dapat meningkatkan perhatian belajar siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung, selama kegiatan belajar berjalan dengan lancar, aplikasi yang sering digunakan adalah whatshap karena sistem pembelajaran selama pandemi ini adalah online, guru menerapkan strategi pembelajaran yang berbeda dan bervariasi seperti mengirim vidio dengan membuat pertanyaan atau gambar untuk menebak jawaban, dari siswa agar pembelajaran berjalan dengan maksimal, tidak terlalu monoton guru melakukan penyampaian meteri pembelajaran biasanya dilakukan dengan praktek/uji xsperimen. Dampak penggunaan sistem pembelajaran blended learning, pembelajaran online anak sering bermain hp, kurangnya dukungan SDM baik orangtua dan guru, evaluasi sistem pembelajaran yang kurang optima, kurangnya pengawasan orang tua terhadap penyalagunaan hp.

References

Agung Eko Purwana, 2009. Pembelajaran IPS MI, Surabaya: Aprinta.

Ardi Saputra, Peran Orang Tua Siswa dalam Mendampingi Proses Pembelajara Daring (Dalam Jaringan) pada Masa Pandemi Covid-19 mata Pelajaran IPS ). Studi Kasus Siswa MTSN di RT 10. RW 08 Kelurahan Kandang Mas, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu). Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu.

Arif, S. 2013. Pembelajaran pengetahuan Dasar Komputer Berbasis Blended Bearning pada Program Studi Agribisnis Stiper Amuntai. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2013., 3(1), 117–125.

Dewi Endang, 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Pbl berbantuan Media Kokami Ditinjau Dari Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang.

Dini Rosdiani, 2012. Model Pembelajaran Langsung, Bandung: Alfabeta.

Hassoubah, Z.I. 2017. Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Bandung: Nuansa.

Irwan Satria, 2015. Konsep Dasar Dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Bogor: IPB Press.

Maskar Sugama, Wulantina Endah, 2019. Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended learning dengan Google Classroom,. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika) Vol. 1, No. 2.
Maskar Sugama, Wulantina Endah, 2019. Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended learning dengan Google Classroom,. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika) Vol. 1, No. 2.

Wahyu, Tahmid Sabri, Suparjan, 2020 analisis faktor pendukung dan penghambat Pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 bagi guru kelas vi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan Pontianak.

Wicaksono Dwi Vicky, 2019. “Pembelajaran Blended learning Melalui Google
Classroom DI Sekolah Dasar”. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI.
Published
2022-12-13
Section
Articles