Sosialisasi Dampak Negatif Pernikahan Usia Dini Di SMP Negeri 20 Rejang Lebong

  • Alga Oktario Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Elfahmi Lubis Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Wellyana Wellyana Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: Pernikahan Dini, Sosialisasi, UU Perkawinan, Dampak Pernikahan Dini

Abstract

Secara umum, pernikahan dini yaitu merupakan institusi agung untuk mengikat dua insan lawan jenis yang masih remaja dalam satu ikatan keluarga. Remaja itu sendiri adalah anak yang ada pada masa peralihan antara masa anak-anak ke dewasa, dimana anak-anak mengalami perubahan-perubahan cepat disegala bidang. Mereka bukan lagi anak-anak, baik bentuk badan. sikap.dan cara berfikir serta bertindak.namun bukan pula orang dewasa yang telah matang.Pernikahan dibawah umur yang belum memenuhi batas usia pernikahan, pada hakikatnya di sebut masih berusia muda atau anak anak yang ditegaskan dalam Pasal 81 ayat 2 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002, anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun dikategorikan masih anak-anak, juga termasuk anak yang masih dalam kandungan, apabila melangsungkan pernikahan tegas dikatakan adalah pernikahan dibawah umur. Sedangkan pernikahan dini menurut BKKBN adalah pernikahan yang berlangsung pada umur di bawah usia reproduktif yaitu kurang dari 20 tahun pada wanita dan kurang dari 25 tahun pada pria. Pernikahan di usia dini rentan terhadap masalah kesehatan reproduksi seperti meningkatkan angka kesakitan dan kematian pada saat persalinan dan nifas, melahirkan bayi prematur dan berat bayi lahir rendah serta mudah mengalami stress.

References

Anindyaputri, I. (2017). Memahami Dampak Psikologis dari Pernikahan Usia Remaja. Diunduh di https://hellosehat.com/mental/hubungan-harmonis/dampak-psikologis-pernikahan-usia-remaja/ tanggal 24 Juni 2021.

Ari. (2014). Faktor Penyebab Pernikahan Dini. Diunduh di https://genbagus.blogspot.com/2014/05/faktor-penyebab-pernikahan-dini.html tanggal 24 Juni 2021.

Erikson, E. H. (1950). Childhood and society. New York: Norton.

Jayani, D.H. (2021). Wabah Pernikahan Dini di Tengah Pandemi dan Dampak Buruknya.
Published
2022-10-25
Section
Articles