Problematika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pendemi Covid-19 Dalam Proses Pembelajaran Di MIN 04 Derati Rejang Lebong

  • Rami Aziz Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Mindani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Fera Zasrianita Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Proses Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran tatap muka terbatas masa pandemic dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam, untuk ingin mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya.

Manfaat penelitian ini yaitu dapat memberikan kontribusi dalam disiplin ilmu pendidikan serta memberikan motivasi tentang pentingnya pembelajaran pendidikan agama islam dalam kehidupan terutama dalam aspek edukasi, serta diharapkan dapat membantu dalam pembelajaran baik dalam pendidikan formal, Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan cara penelitian lapangan, dan menggunakan 3 teknik pengumpul data yaitu: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di MIN 04 Derati Rejang Lebong, Kecamatan KotaPadang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Hasil penelitian ini yaitu mengetahui penerapan problematika pembelajaran tatap muka terbatas dalam proses pembelajaran PAI, yang dimaksud apa saja  faktor pendukung, problem dan penghambatnya dimasa Pandemi ini di MIN 04 Derati Rejang Lebong.

References

Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Anwar, Muhammad. 2017. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu (FTT IAIN Bengkulu. 2015. Pedoman Penulisan Skripsi

Harjali. 2011. Urgensi Pendekatan Multikultural dalam Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Jurnal manajemen pendidikan. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan Vol.9 No.2 (online) (http://iainponorogo.ac.id, diakses 11 januari 2021).
Abdul majid, Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam berbasis kompetensi.
https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luringdi-tengah-pandemi-covid-19/. Diakses pada tanggal 7 Desember 2020

https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masam pandemi-covid-19. Diakses pada tanggal 7 Desember 2020.
Lexi J. Moleong. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Masruroh. 2015. Problematika Pendidik Dalam Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di SD Islam Al- Madina. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Ni’mah, Izzatun, Faiqotul. 2016. Manajemen Pembelajaran jarak jauh. Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume 25, Nomor 1. Malang. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. (online) (http://um.ac.id, diakses 10 Januari 2021).

Ramdhani, Tri, Muhammad dan Ramlah, Siti. 2015. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Hadratul Madaniyah Volume 2. Nomor 2. SD-3 Telangkah Desa Hampalit Kabupaten Katingan. (online) (http://umpalangkaraya.ac.id, diakses 09 Januari 2021).



Sugiyono. 2012. Metode Penelitian. Bandung: Alfabetha
Zenius. 2015. Peran Guru Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. (https://www.zenius.net/blog/pembelajaran-tatap-muka-terbatas).
Sumiati. 2018. Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Volume 3 No 2. Jurnal Tarbawi Pendidikan Agama Islam. (online) (http://jurnal.unismuh.ac.id. Diakses 11 januari 2021).

Suyanto, Bagong. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan, Jakarta: Kencana

Syafaruddin, 2008. Efektivitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi, dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan nasional. Jakarta: Laksana. 2012.
Published
2023-02-26
How to Cite
Aziz, R., Mindani, & Zasrianita, F. (2023). Problematika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pendemi Covid-19 Dalam Proses Pembelajaran Di MIN 04 Derati Rejang Lebong. GHAITSA : Islamic Education Journal , 4(1). https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v4i1.540
Section
Articles