Bingkai Komunikasi Dakwah Terhadap Muncul Dan Bahaya Prostitusi Di Indonesia

  • Alen Manggola
Keywords: Komunikasi Dakwah, Prostitusi

Abstract

Realitas kehidupan sosial dalam persaingan ataupun bertahan untuk kehidupan menekan masyarakat untuk bertindak sesuka hati termasuk masuk kelembah prostitusi. Salah satu faktor terkait perbuatan masyarakat melanggar norma lingkungan adalah terancamnya kondisi kehidupan dalam lingkungan keluarganya. Dalam hal ini, perhatian terhadap lingkungan akan muncul dan bahayanya prostitusi perlu ditingkatkan. Terlebih kewaspadaan terhadap keluarga masing-masing anggota masyaraat. Tulisan ini bertujuanmengajak pada pengetahuan akan dampak buruk dari muncul dan bahayanya prostitusi. Tentu hal itu dikemas dengan bingkai komunikasi dakwah. Menyampaikan kepada kita akan pesan penting untuk menjaga lingkungan tetap terhindar dari praktik prostitusi. Memahami bagaimana munculnya dan bahayanya prostitusi akan mencerdaskan kita agar mempersiapkan diri dari segala hal yang akan mendorong pada sistuasi yang negatif tersebut, supaya lingkungan tetap sejalan dengan norma yang berlaku dan terhindar dari hal yang berhubungan dengan prostitusi.

References

Arivia, Gadis dan Abby, Gina. (2015). “A Study of LGBT Community in Jakarta.”Jurnal Perempuan, Edisi 59.
Bambang S, Ma’rif. (2010). Komunikasi Dakwah Paradikma untuk Aksi. Bandung: Simbiosa Reka-tama Media.
Harun,Rochajat. (2012). Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial. Jakarta: Rajagrafindo Per-sada.
Koentjoro. (2004). One The Spot: Tutur Dari Sang Pelacur, Yogyakarta: Tinta.
Kartono, Kartini. (2005). Patologi Sosial, Jakarta: Raja Grafindo Press.
Purnomo, Edy. (20070. Bisnis Prostitusi, Yogyakarta: PINUS Book Publisher.
Risantoso, M., Thadi, R., Iqbal, M., & Syaputri, I. K. (2020). Klasifikasi Pesan Dakwah pada Radio Siaran L-Baas 97, 6 FM. DAWUH: Islamic Communication Journal, 1(1), 34-39.
Siregar, Kondar. (2015). Model Pengaturan Hukum Tentang Pencegahan Tindak Prostitusi Berbasis Masyarakat Adat Dalihan Na Tolu, Perdana Mitra Handalan.
Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Syaputri, I. K., Thadi, R., & Adisel, A. (2020). Politik Seksualitas Dan Keberadaan LGBT Di Indonesia Terhadap Kebijakan Negara. JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(1), 1-10.
Tasmara, Toto. (1987). Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Thadi, R. (2019). Literasi Media Khalayak Di Era Keberlimpahan Infomasi Di Media Massa. Jurnal Ilmiah Syi'ar, 19(1), 90-102.
Wahid, Abdurrahman. (1981). Muslim di Tengah Pergumulan, Jakarta: Leppenas.
Published
2021-03-12
Section
Articles