IMPLEMENTASI SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MA DARUSSALAM KOTA BENGKULU

  • Nofi Titiani Kementerian Agama Kota Bengkulu
Keywords: Supervisi, Kepala Sekolah, Guru

Abstract

Supervisi di sekolah dilaksanakan oleh kepala sekolah yang bertindak sebagai supervisor, maka  ia  harus  mampu  melakukan  berbagai  pengawasan  dan  pengendalian  untuk meningkatkan   kinerja   guru.   Pengawasan   dan   pengendalian   merupakan   tindakan preventiv untuk mencegah agar guru tidak melakukan penyimpangan dan lebih berhati- hati dalam melaksanakan pekerjaannya sebagai pendidik. Oleh karena itu, penelitian ini mengungkap  kegiatan  supervisi  yang  dilakukan  oleh  Kepala  sekolah  MA Darussalam Kota Bengkulu terhadap kinerja guru. Adapun hasil dari penelitian ini adalah:1). Fokus kegiatan supervisi yang dilakukan kepala sekolah dapat diidentifikasikan ke dalam dua hal  yaitu;  kegiatan  supervisi  yang  menyangkut  administrasi  guru  dan  kegiatan  proses belajar   mengajar,   2).   Kegiatan   supervisi   sangat   membantu   bagi   guru   dalam memecahkan  masalah-masalah  pendidikan  yang  dihadapi  guru  pada  saat  melakukan pembelajaran,  serta  dapat  memberikan  motivasi  bagi  guru  agar  selalu  meningkatkan pengetahuan untuk menjadi guru yang professional dalam melaksanakan pembelajaran, 3).  Hambatan  kepala  sekolah  dalam  supervisi  adalah  tumpang  tindih  kegiatan  dan keterbatasan dana operasional.

 

References

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2004. Hariwung, Supervisi Pendidikan, Jakarta: Depdikbud, 1989.
Imron, Ali, Pembinaan Guru di Indonesia, Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 1995.
Malik, Pedoman Manajemen Madrasah, Yogyakarta: Forum Kajian Agama dan Budaya, 2000.
Pidarta, Made, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Bina Aksara, 1992. Purwanto, Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja
Rosdakarya, Bandung, 2006.
Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
, Supervisi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Soetjipto dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Tim Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Departemen Agama RI, 2003.
Usman, Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Published
2021-06-24
How to Cite
Titiani, N. (2021). IMPLEMENTASI SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MA DARUSSALAM KOTA BENGKULU. GHAITSA : Islamic Education Journal , 2(2), 95-110. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i2.329
Section
Articles