Etika Pergaulan Remaja Putri Terhadap Pendidikan Islam Menurut Mufasir M. Quraish Shihab

  • Heli Hermawati UIN FATMAWATI BENGKULU
  • Sukarno UIN FATMAWATI BENGKULU
  • Desy Eka Citra Dewi UIN FATMAWATI BENGKULU
Keywords: Etika Pergaulan, Remaja Putri, M Quraish Shihab, Pendidikan Islam

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Etika Pergaulan Remaja Putri terhadap Pendidikan Islam Menurut Mufasir M. Quraish Shihab. Penelitian ini adalah penelitian library research atau penelitian kepustakaan yang khusus mengkaji suatu masalah untuk memperoleh data yang diperlukan, penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) yaitu teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan pada subyek penelitian, dan data yang telah terkumpul. Hasil penelitian ini menunjukan etika pergaulan remaja yang sesuai dengan al-Qur’an dalam kajian tafsir al-Misbah. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam pergaulan remaja terdapat beberapa etika yang digunakan agar dalam pergaulannya tidak menyalahi pedoman kehidupan yakni al-Qur’an dan hadits. Di dalam al-Qur’an yang penjabaran maknanya menggunakan tafsir al-Misbah etika pergaulan remaja yang baik yakni: Tidak membeberkan/menyebarkan aib orang lain, menghormati yang lebih tua, bersikap sopan santun, saling menasehati, tidak sombong (ujub/takabur), tidak saling membenci dan dendam, memiliki keberanian, memiliki sikap toleransi, saling memaafkan. Dalam Penelitian ini penulis berharap kepada remaja putri agar menjaga etika dalam pergaulan dengan baik supaya terhindar dari pemerkosaan, pelecehan seksual, buliyying, dan lain sebagainya.

References

Abdul Majid Khon, Hadits Tarbawi, ( Jakarta,Kencana Media Goup,2012)

Al-Ghazali, Mutiara Ihya, Ulumuddin,(Bandung: PT Miizan Pustaka, 2008)

Andi Anirah dan Siti Hasnah pada bulan Juli-Desember tahun 2013 “Pendidikan Islam dan Etika Pergaulan Remaja (Study pada Peserta Didik MAN 2 Model Palu).”

Elizabeth Hurlock, Psikologi Perkembangan. ( Jakarta: Erlangga, 2009)

Ginting, R., & Ginting, D. Y. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pergaulan Bebas pada Remaja Di SMK Swasta Jaya Krama Beringin Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Kesmas Dan Gizi (JKG), 2(2),

H. Nasharuddin. 2015, Akhlak: ciri manusia paripurna. Jakarta: Rajawali Pers

Khusnayaini, Atmimil (2017) Etika Pergaulan Remaja Putri dalam QS. Al-Ahzab Ayat 32-34 dan implkasinya terhadap pendidikan Islammenurut Bisri Musthafa. UIN Walisong.

Kisbiyanto, Bunga Rampai Penelitian Manajeman Pendidikan, (Semarang: rasail Media Group,2008)

M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur’an, ( Jakarta: Lentera Hati, 2012)

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, (Jakarta: Lentera Hati, 2002).

M. Yatimin Abdullah, Pengantar Studi Etika, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006)
Nazmudin, Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebagai Dasar Menuju Kerukunan Antar Umat Beragama

Nur Hanafi pada tahun 2010 “Hak Keluar Rumah Bagi Wanita Menurut Surat Al-Ahzab Ayat 33 (Studi Instinbath Hukum Ibnu Katsir dan At- Thabathaba’i)”

Pramesti, L. K. (2020). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Membentuk Sopan Santun Siswa Di Smpn 2 Sambit (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).

Qorib Muhammad dan Muhammad Zaini. 2020. Integrasi etika dan moral,spirit dan kedudukannya dalam pendidikan islam. Cet. 1. Yogyakarta: Bildung
Shofie Mushthofiyah, tentang etika pergaulan remaja putri dalam persfektif Al-Quran (Kajian Tafsir Al-Misbah), 2019. UIN Raden Intan Lampung.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2010).

Syofrianisda. 2018. Pendidikan Akhlak dalam Al-qur’an( studi kritis terhadap surat al-hujarat ayat 11-13 dalam tafsir al-misbah karangan M. Quraish shihab).Hikmah Jurnal pendidikan Islam

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter bagi Remaja. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03)

Yudipratomo, O. (2020). Benturan Imprealisme Budaya Barat dan Budaya tmur dalam Media Sosial. Jurnal ilmu komunikasi, 3(2)
Published
2022-08-17
How to Cite
Heli Hermawati, Sukarno, & Desy Eka Citra Dewi. (2022). Etika Pergaulan Remaja Putri Terhadap Pendidikan Islam Menurut Mufasir M. Quraish Shihab. GHAITSA : Islamic Education Journal , 3(3), 163-180. Retrieved from https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/516
Section
Articles