Analisis Korelasi Gaji dan Lingkungan Kerja Non Fisik Ter-hadap Kepuasan Kerja Guru

  • Suyono Suyono SMK Negeri 1 Madiun
Keywords: Analisis Korelasi; Gaji Guru, Lingkungan kerja non fisik, Kepuasan Kerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) korelasi gaji terhadap kepuasan kerja guru di SMK Negeri 1 Madiun (2) korelasi lingkungan kerja non fisik terhadap kepuasan kerja guru (3) korelasi gaji dan lingkungan kerja non fisik terhadap kepuasan kerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bermaksud menggambarkan fakta pada objek penelitian yang tampak secara nyata dan penarikan simpulan di dasarkan pada angka-angka yang diolah secara statistik. Populasi penelitian ini adalah guru di SMK Negeri 1 Madiun sejumlah 43. Sampel penelitian ini diambil semua guru karena menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket  yang sebelumnya telah di uji coba dan uji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaji berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja guru di SMK Negeri 1 Madiun. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh rhitung (0,545) > rtabel (0,301), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ditafsirkan bahwa gaji berpengaruh secara signifikans terhadap kepuasan kerja guru.(2) Ada pengaruh positif yang signifikan lingkungan kerja non fisik terhadap kepuasan kerja guru. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rhitung (0,513) > rtabel (0,301), maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikan 5%. (3) Ada pengaruh positif yang signifikan gaji dan lingkungan kerja non fisik secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru di SMK Negeri 1 Madiun. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung (15,504) > Ftabel (3,23), maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikan 5%.

References

Afridah, N., Wibowo, W., Syaifulloh, M., & Riono, S. B. (2021). IMPLIKASI PEMBERIAN GAJI DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERUMDA BPR BANK BREBES. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 488–496.

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02).

Cintiani, R., & Hadijah, H. S. (2018). Apakah kepuasan kerja guru di SMK PGRI 3 Cimahi dapat dipengaruhi lingkungan kerja non fisik? Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 28–35.

Dangnga, M. T., & Ramli, M. (2013). Pengaruh Gaji dan Insentif terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Grand Clarion di Kota Makassar. Economix, 1(1).

Fitriani, D., Nurlaela, N., & Sudarwadi, D. (2019). Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Guru Smk Negeri 1 Manokwari. Cakrawala Management Business Journal, 1(1), 119–133.

Handayani, F., & Azizah, S. N. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Karangsambung pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(3), 495–509.

Ma’rifah, D. (2017). Locus of control pada guru dan lingkungan kerja non fisik: pengaruhnya terhadap motivasi berprestasi. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 40–47.

Mulyadi, M. (2019). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA NON FISIK DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMAN 6 KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(3).

Pratama, C. C., & Winarno, A. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Studi Di Sekolah Tinggi Farmasi Bandung. EProceedings of Management, 6(1).

Rahayu, B., & Ruhamak, M. D. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Insentif, Remunerasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Pt Industri Sandang Pangan Nusantara Cilacap). EKONIKA Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 2(1).

Sari, T. N. (2019). BAGAIMANA KOMPENSASI MEMPENGARUHI MOTIVASI DAN KINERJA GURU. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 48–57.

Sari, W. P. (2016). Pengaruh Gaji Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Swasta Bagan Sinembah, Rokan Hilir, Riau. Tingkap, 12(1), 65–81.

Septiana, R., & Ivada, E. (2013). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Wonosari. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Thahir, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Non-Fisik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(2), 125–134.

Wulandari, R. W., Farida, U., & Santoso, A. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Kerja, Lingkungan Kerja Non-Fisik, dan Stress Kerja terhadap Produktivitas Kerja Guru Di SMK Bakti Ponorogo. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1).
Published
2021-10-29
Section
Articles