SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT USUS BUNTU MENGGUNAKAN METODE DHEMPSTER SHAFER BERBASIS WEB

  • Hera Puja Amelia Universitas Dehasen Bengkulu
  • Yupianti Universitas Dehasen Bengkulu
  • Hari Aspriyono Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Sistem Pakar,, Penyakit Usus Buntu, Metode Dhempster Shafer,, Berbasis Web

Abstract

Rumah Sakit Rafflesia merupakan salah satu Rumah Sakit yang terletak di Kota Bengkulu. Pada RS. Rafflesia belum semuanya menggunakan aplikasi komputer untuk melakukan proses pengolahan data, salah satunya adalah aplikasi yang digunakan membantu pasien dalam mengetahui penyakit berdasarkan gejala yang diderita. Karena dengan adanya aplikasi tersebut, juga membantu pasien untuk mengetahui apa penyakit mereka dan solusinya.

Sistem pakar mendiagnosa penyakit usus buntu menggunakan Metode Dhempster Shafer berbasis web dapat diakses secara online dengan akses internet melalui link web http://sistempakarususbuntu.my.id. Aplikasi sistem pakar mendiagnosa penyakit usus buntu menggunakan Metode Dhempster Shafer berbasis web dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Berdasarkan hasil demo program tersebut, diperoleh bahwa aplikasi sistem pakar mendiagnosa penyakit usus buntu menggunakan Metode Dhemster Shafer ini cukup membantu pasien Rumah Sakit Rafflesia dalam melakukan konsultasi dengan memilih gejala-gejala yang dirasakan pasien.

Berdasarkan pengujian sistem yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa fungsional dari aplikasi sistem pakar mendiagnosa penyakit usus buntu berbasis web telah berjalan dengan baik dan dapat memberikan hasil konsultasi berdasarkan gejala yang dirasakan pasien melalui Metode Dhempster ShaferBerdasarkan pengujian sistem yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa fungsional dari aplikasi sistem pakar mendiagnosa penyakit usus buntu berbasis web telah berjalan dengan baik dan dapat memberikan hasil konsultasi berdasarkan gejala yang dirasakan pasien melalui Metode Dhempster Shafer.

References

Darnila, E., Mauliza & Ula, M., 2019. Aplikasi Teknologi Sistem Pakar Berbasis Fuzzy Clustering. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Elgamar, 2020. Buku Ajar Konsep Dasar Pemrograman Website Dengan PHP. Malang: CV. Multimedia Edukasi.
Enterprise, J., 2019. PHP Untuk Programmer Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Haerani, R. & Nugraha, D., 2019. Rancangan Aplikasi Pemesanan Makanan Dengan Macromedia Dreamweaver dan MySQL. Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia (Senastindo AAU), Volume Vol.1 No.1 ISSN:2685-8991.
Haryadi, B. H., 2018. SIstem Pakar Penyelesaian Kasus Menentukan Minat Baca, Kecenderungan, dan Karakter Siswa Dengan Metode Forward Chaining. Yogyakarta: Deepublish.
Indrajani., 2017. Database Design Theory, Practice, and Case Study. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Iswanti, S. & Anggraeny, R. N., 2019. Implementasi Metode Dempster Shafer Pada Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Sepeda Motor. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Informatika Mulawarman, Volume Vol.14 No. 1 e-ISSN:2597-4963.
Mandar, R., 2017. Solusi Tepat Menjadi Pakar Adobe Dreamweaver CS6. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo.
Nas, C., 2019. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tiroid Menggunakan Metode Dempster Shafer. Jurnal Teknologi dan Open Source, Volume Vol.2 No.1 e-ISSN:2622-1659.
Widia, I. D. M. & Asriningtias, S. R., 2021. Cara Cepat dan Praktis Membangun Web Dengan PHP dan MySQL. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Yendrianof, D. et al., 2022. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Published
2023-08-01
How to Cite
Hera Puja Amelia, Yupianti, & Hari Aspriyono. (2023). SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT USUS BUNTU MENGGUNAKAN METODE DHEMPSTER SHAFER BERBASIS WEB. ISEJ : Indonesian Science Education Journal, 3(2), 42-53. Retrieved from https://siducat.org/index.php/isej/article/view/889
Section
Articles