Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas PGRI Palembang

  • Maliah Maliah Universitas PGRI Palembang
  • Santi Puspita Universitas PGRI Palembang
  • Fachriyan Pratama Universitas PGRI Palembang
Keywords: Motivasi, lingkungan keluarga, Ekpektasi pendapatan, Minat, Pengaruh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis pengaruh motivasi, lingkungan keluarga dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2017. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan kriteria-kriteria tertentu yaitu mahasiswa yang telah dikelompokkan menurut program studi dan tahun angkatan, jumlah sampel sebanyak 58 responden. Teknik analisis data penelitian menggunakan metode uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi R2, uji F dan uji t.motivasi, lingkungan keluarga dan ekspektasi pendapatan merupakan variabel independen dan minat berwirausaha merupakan variabel dependen. Hasil uji hipotesis menyimpulkan secara secara simultan terdapat pengaruh signifikan variabel motivasi, lingkungan keluarga dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha, secara parsial terdapat pengaruh signifikan variabel ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha dan tidak terdapat pengaruh signifikan variabel motivasi dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha.

References

Alma, B. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis .(2021). Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Evaliana, Y. (t.thn.). Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1(1), 1-70.

Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan . Jakarta: Erlangga.

Priyatno, D. (2013). Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gaya Media.

Sintya, N. M. (2019). Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jurnal sains, Akuntansi dan Manajemen, 1(1), 337-380.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryantoro, E., Mulyono, S. I., & Ariani, M. N. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa di Lingkungan Kecamatan Beji depok. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 16(2), 77-88.

Zimmerer, & Thomas, W. (2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat..
Published
2021-06-29
Section
Articles