Analisis Karakterisasi Tokoh Utama Dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi

  • Merianatari Merianatari Universitas Pamulang
  • Katumbin Zaky Universitas Pamulang
Keywords: Anak rantau, karakter tokoh dan perubahan watak tokoh

Abstract

Penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan karakter tokoh yang ada di dalam novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. (2) untuk mendeskripsikan perubahan tokoh utama  Saat Merantau di kampung halaman yang terdapat dalam novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kulitatif untuk mendeskripsikan karakter tokoh dan  Perubahan  yang terdapat dalam novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Teknik analisis data dengan menggunakan metode membaca heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis ingin mendeskripsikan, yaitu: (1) Karakterisasi Tokoh Utama, Hepi. Yaitu : jujur, disiplin, kerja keras, cerdik, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/ komunikatif, damai, gemar membaca, pedulu sosial, tanggung jawab, dan memanfaatkan atau mengikhlaskan (2) tokoh atau penokohan yang ada didalam Novel Anak Rantau , (3) Perubahan tokoh utama Saat merantau  di kampung halaman yang terdapat didalam Novel Anak Rantau

References

Skripsi Analisis karakter tokoh utama dalam novel Lolita karya Viadimir Nabokov dari Universitas Sam Ratulangi Fakultas ilmu budaya Oleh Jein Jeyklin Byl.https:// dunia pendidikan Co. id/Pengertian merantau.

Skripsi dari Yulianti Sinar dari Universitas Negeri Makasar Jurusan Bahasa dan sastra indonesia dalam Novel Dian yang Tak kunjung pada Karya S Takdir Alisjahbana.

MAGDALENA, Proposal skripsi nya yang berjudul Karakteristik Tokoh Dinda dan Reyhan dalam novel Cinta tanpa Warna.oleh karya Kartika Sari.

Mohammad, Mustari, Ph.D. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan.

Nurgiyantoro, Burhan. Teori Pengkajian Fiksi.

Prof.Dr. Sugiyono, Metedo Penelitian Kualitatif.

Prof. Dr. Ratna Kutha Nyoman, S. U. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra.

Tasai, Amran, Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian.

Tri Mastoyo Jati Kesuma, Pengantar (Metode) Penelitian Bahasa.
Published
2021-08-20
Section
Articles