Implementasi Metode Peer Tutoring dalam Pembelajaran Struktur Teks Deskripsi Pada Bidang Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu

  • Lisma Warni Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Ali Akbarjono Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Ixsir Eliya Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu
Keywords: metode peer tutoring, pembelajaran bahasa, Struktur Teks deskripsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode peer tutoring dalam pembelajaran struktur teks deskripsi pada bidang bahasa indonesia siswa kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu dan mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses implementasi pembelajaran struktur teks deskripsi menggunakan metode peer tutoring pada siswa kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang terdiri atas tahap perencanaan, pengumpulan data, proses pelaksanaan, tahapan-tahapan, dan tahap evaluasi penerapan metode pemodelan. Subjek penelitianya yaitu guru dan siswa kelas kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Keabsahan data diperoleh melalui proses Triagulasi sumber data dan Triagulasi Teknik. Analisis data dilakukan menggunakan analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Metode Peer Tutoring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Struktur Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu dapat dikatakan terlaksana dengan baik, dan berjalan dengan semestinya. Hal ini dapat dilihat evaluasi hasil belajar siswa yang diatas rata-rata saat menentukan struktur teks deskripsi. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan penugasan untuk menentukan struktur teks deskripsi, adapun aspek yang di evaluasi yaitu keteapatan siswa menentukan struktur dalam teks deskripsi. Adapun faktor penghambat dalam mengimplementasikan metode peer tutoring dalam pembelajaran struktur teks deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII MTS Darussalam Kota Bengkulu, yaitu sulitnya menentukan tutor dalam berdiskusi dan kegiatan pembelajaran yang kurang kondusif. Adapun faktor pendukungnya, yaitu adanya interaksi antara guru dan siswa dan semangat siswa.

 

Author Biographies

Lisma Warni, Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu

 

 

Ali Akbarjono, Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu

 

 

Ixsir Eliya, Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu

 

 

References

Agito Albi. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat : CV Jejak.
Febianti, Yopi Nisa. 2016. “Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran untuk Melatih Siswa Mengajar“. Jurnal Edunomic ii. no 2.
Ferlin, Dini dkk. 2012. “Perbedaan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual dan Metode Quantum Learning Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Analis Kimia Padang.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia i, no 1 edisi September.
Iin Pratiwi Ningsih Manurung, 2015. “Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Medan”. Jurnal Online. Edisi Juli.
Madu, Sri Astuti. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Menentukan Struktur Teks Deskriptif Melalui Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Telaga” Jurnal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo i, no 1 edisi Januari.
Munthe, Ashiong Parhehean dan Henny Pradiastuti Naibaho. 2019. ”Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan ix. no. 2 edisi Mei.
Nurfidah. 2019. “Analisis Kemampuan Menulis Teks Deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Mataram,” JISIP iii, no. 1 edisi Maret.
Sari, Nur Indah dan Randi. 2021.“Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPI Annuriyyah Jakarta Timur”. Jurnal Disastra iii no 2 edisi Juli.
Serendhita Inge dan Mindani dan Ixsir Eliya. 2021.“Penerapan Metode Pemodelan Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Kelas VIII MTsN Kota Bengkulu”. Jurnal Bahastra. Vol.5 no.1 edisi Maret.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif (edisi ke-3). Bandung : Alfabeta.
Wahono, dkk. 2016. Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarata: Erlangga.
Yusuf Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group.
Published
2023-08-28
How to Cite
Warni, L., Akbarjono, A., & Eliya, I. (2023). Implementasi Metode Peer Tutoring dalam Pembelajaran Struktur Teks Deskripsi Pada Bidang Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu. JPI : Jurnal Pustaka Indonesia, 3(2), 87-98. https://doi.org/10.62159/jpi.v3i2.773
Section
Articles