Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii D Di Mts Al-Quran Harsallakum Kota Bengkulu

  • Yandeka Putri Meilani UIN FATMAWATI BENGKULU
  • Vebbi Andra UIN FATMAWATI BENGKULU
  • Heny Friantary
Keywords: pembelajaran kooperatif, teks eksplanasi

Abstract

Pembelajaran adalah suatu konsep dari dua dimensi kegiatan yaitu belajar dan mengajar yang harus direncanakan atau diaktualisasikan, serta diarahkan pada pencapaian tujuan dan penguasaan sejumlah kompetensi dan indikatornya sebagai gambaran hasil belajar. tentu harus adanya suatu model pembelajaran, dalam hal ini salah satu penerapan yang dilakukan yaitu model pembelajaran kooperatif.  Penerapan pembeajaran ini pasti memiliki faktor penghambat dan faktor pendukung. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan, faktor penghambat dan faktor pendukung pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi teks eksplanasi siswa Kelas VIII D MTs. Al-Quran Harsallakum Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan melakukan Observasi guru, siswa dan kelas, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII D. Teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber dengan cara penegecekan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis kepada guru dan siswa Kelas  VIII D MTs. Al-Quran Harsallakum Kota Bengkulu. Penerapan model pembelajaran kooperatif dilaksanakan secara ideal hal ini telah dibuktikan dengan adanya wawancara penulis kepada guru, serta pemantauan yang dilaksanakan ketika proses belajar mengajar berlangsung dan faktor pendukungnya adalah antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, serta sarana dan pra-sarana yang memadai dan faktor penghambatnya adalah minimny pengetahuan karna tidak adanya jaringan internet.

References

Fathurrohman, Pupuh dan M.Sobry Sutikno. 2017. Strategi Belajar Mengajar: Melalui Penamaan Konsep Umum & Konsep Islam. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hariyani, Retno Sri. 2016. Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks pada Siswa Kelas VII Di SMP 4 Klaten. Surakarta: S-2 Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Haryanto, dkk. 2015. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ikatan Kimia di Kelas X SMAN 1 Muaro Jambi. J. Ind. Soc. Integ. Chem. Vol. 7 No. 1.

Haryati, Sri. 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.

Heriyanto. 2021. Bahasa Indonesia: untuk SMP/MTs. Kelas VIII. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Moleong, Lexy. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sasono, Agus. 2021. Buku Pendamping Siswa Cerdas Modul Bahasa Indonesia SD/MI Kelas VI. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wawancara Pribadi dengan Defriyanti, S.Pd. Guru Kelas VIII D MTs. Al-Quran Harsallakum Kota Bengkulu, 05 Februari 2022.
Published
2022-04-30
How to Cite
Yandeka Putri Meilani, Vebbi Andra, & Heny Friantary. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii D Di Mts Al-Quran Harsallakum Kota Bengkulu. JPI : Jurnal Pustaka Indonesia, 3(1), 24-34. https://doi.org/10.62159/jpi.v3i1.395
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>