Gaya Bahasa dalam Novel Perempuan yang Menangis Pada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo

  • Anita Anggriani UIN FATMAWATI BENGKULU
  • Vebbi Andra UIN FATMAWATI BENGKULU
  • Ixsir Eliya UIN FATMAWATI BENGKULU
Keywords: Gaya Bahasa, Novel

Abstract

penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk dan makna gaya bahasa dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif. Sumber data berupa novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo. Data yang dikumpulkan berupa kata atau kutipan. Teknik pengumpulan data berupa teknik membaca dan berulang-ulang, mengayati, menyimak, mencatat, kemudian menyimpulkan analisis sehingga memperoleh informasi mengenai gaya bahasa. Teknik keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian mengenai gaya bahasa dalam novel Perempuan yang Menanggis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo, ditemukan 36 data  yang mengandung bentuk dan makna gaya bahasa yang akan dideskripsikan gaya bahasa perbandingan gaya bahasa pertentangan, gaya bahasa pertautan, dan gaya bahasa perulangan.

References

Andra, Vebbi. dkk., 2022. “Kepribadian Tokoh dalam Novel Bukan Buku Nikah Karya Ria Ricis”. Jurnal pustaka Indonesia (JPI). Vol. 2, No. 1.
Eliya, Ixsir. 2017. “Eufimisme dan Disfemisme dalam Catatan Najwa Darah Muda Daerah Pola Bentuk dan Makna”. Jurnal Pendidikan Bahasa. Vol. 2, No. 2.
Emzir dan Saifur Rohman, 2017. Teori dan Pengajaran Sastra, (Depok: RajaGrafindo Persaja.
Faricha, Nury Ziyadatul. 2015. “Pengggunaan Diksi dan Gaya Bahasa pada Novel yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye”, Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol. 2, No. 9.
Huda, Syihaabul. 2019. “Gaya Bahasa pada Lirik-Lirik Lagu Karya Iwan Fals dalam Album 50:50 2007”, Jurnal Bebasan, Vol. 6, No. 2.
Sodik Achmad Ja’far dan Ixsir Eliya. 2019. “Pemberdayaan Santri Melalui Kegiatan Menulis Teks Sastra”. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Lestari Riana Dwi dan Ely Syarifah Aeni. “Penggunaan Gaya Bahasa Perbandingan pada Kumpulan Cerpen Mahasiswa”, Jurnal Semantik, Vol. 7, No. 1.
Moleong, J Lexy. 1999. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grafindo Persanda.
Nurgiyantoro Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Purnomo, Dian. 2020. Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Purwati dkk., 2018. “Menganalisis Gaya Bahasa Metafora dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1, No. 3.
Rafsanjani, Nur Rofiq. 2012. Analisis Gaya Bahasa dalam Roman Der Seppenwolf karya Herman Hesse.
Sarwadi. 2004. Sejarah Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gama Media.
Satori Djam’an, Aan Komariah, 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.
Published
2022-04-24
How to Cite
Anita Anggriani, Vebbi Andra, & Eliya, I. (2022). Gaya Bahasa dalam Novel Perempuan yang Menangis Pada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo . JPI : Jurnal Pustaka Indonesia, 2(1), 144-153. https://doi.org/10.62159/jpi.v2i1.462
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)