Kepribadian Tokoh Pada Novel “Tenung” Karya Risa Saraswati (Kajian Psikologi Sastra)

  • Dina Meilandari Universitas Pamulang
  • Aryani Aryani Universitas Pamulang
Keywords: Sigmund Freud, Id, Ego, Superego, Psikologi Sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga karakter tokoh yang terdapat dalam Novel Tenung karya Risa Saraswati dan Dimas Aditio. Dengan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Sigmund Freud yang berupa id, ego dan superego. Pengumpulan data dengan cara mengelompokan data sesuai kategorinya. Dengan teknik baca, simak dan catat. Data penelitian berupa data primer. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakter jiwa manusia itu terdiri dari tiga faktor yaitu id, ego, dan superego salah satu diantaranya dapat dikatakan memang sudah terbentuk sejak lahir. Secara naluriah banyak keinginan dari dalam diri yang harus terpenuhi dengan berbagai cara pemuasannya. Akan tetapi, harus diimbangi juga dengan norma-norma sosial yang ada dalam lingkungan

References

Diana, Ani. 2016. ANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL WANITA DI LAUTAN SUNYI KARYA NURUL ASMAYANI. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Muhammadiyah Pringsewu

Hikma, Nur. 2015. Aspek Psikologis Tokoh Utama Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow). Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia. Universitas Halu Oleo.

Husada, Maulana dkk. 2017. Aktualisasi Diri pada Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari. Universitas Negeri Jakarta

Melati, Tiyas Sukma dkk. 2019. Analisis Konflik Tokoh Dalam Novel Rindu Karya Tere Liye berdasarkan Pendekatan Psikologi Sastra. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonseia. IKIP Siliwangi.
Minderop Albertine. 2018. Psikologi Sastra. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mukaromah, IchaFarikhatul. 2017. Analisis Jiwa Tokoh Utama Dalam Novel Sembilan Matahari Karya Adenita (Kajian Psikologi Sastra). Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang.

Narwan. 2017. Analisis Tokoh Utama Pada Novel Air Mata Terakhir Bunda Karya Kira Kejora Ditinjau Dari Kajian Teori Psikologi Analitis Karl Gustaf Jung. Program Studi Sastra Indonesia. Fakultas Sastra.UniversitasPamulang.

Pradnyana I Wayan Gede, dkk. 2019. Psikologi Tokoh Dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono: Analisis Psikologi Sastra. Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha Denpasar, Indonesia.

Riyani Ratih Widia, dkk. 2019. Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Prahara Cinta Alia Karya Arif Ys: Kajian Psikologi Sastra. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Mulawarman.

Saraswati Risa dkk. 2019. Tenung. Jakarta Selatan: Redaksi Bukune

Setyorini, Ririn. 2017. Analisis Kepribadian Tokoh Marni Kajian Psikologi Sigmund Freud Dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari. Universitas Peradaban Bumiayu.

Siswantoro. 2016. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wandira Jenny Carlina, dkk. 2019. Kepribadian Tokoh Dalam Novel Derita Aminah Karya Nurul Fithrati: Kajian Psikologi Sastra. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Mulawarman.

Wijaya, Hengki & Darmawan, I Putu Ayub. 2019. Optimalisasi Superego dalam Teori Psikoanalisis Sigmund Freud untuk Pendidikan Karakter.

Wijaya Hengki, Sekolah Tinggi jaffray Makassar. Darmawan I Putu Ayub, Sekolah Teologi Simpson Ungaran.

https://id.wikipedia.org/wiki/Risa_Saraswati
Published
2021-12-22
Section
Articles