Psikologi Eksistensial Tokoh Ancika dalam Novel Ancika karya Pidi Baiq

  • Aryani Aryani Universitas Pamulang
  • Muhammad Abdalah Universitas Pamulang
Keywords: psikologi eksistensial, Rollo May, kebebasan, keberanian, cinta

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai psikologi eksistensial Rollo May tokoh Ancika dalam novel Ancika karya Pidi Baiq. Terdapat tiga masalah yang dibahas pada penelitian ini yaitu wujud kebebasan tokoh Ancika, wujud keberanian tokoh Ancika, dan kepedulian, cinta, dan kehendak tokoh Ancika. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deksriptif kualitatif dan metode pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan pencatatan atau teknik catat. Hasil pembahasan pada penelitian menunjukkan Ancika memiliki kebebasan eksistensial dan kebebasan esensial. Lalu Ancika juga memiliki keberanian fisik, yaitu keberanian mengekspresikan diri lewat tubuhnya, keberanian moral yaitu keberanian yang tidak menyukai kekerasan, dan keberanian sosial yaitu keberanian Ancika dalam bersosialisasi terhadap sekitarnya. Ancika memiliki konfrontasi terhadap keberanian sosial yang menyebabkan Ia merasa kehilangan seseorang. Lalu Ancika memiliki kepedulian terhadap keluarga dan temannya, serta Ancika memiliki empat bentuk cinta yakni seks, eros, philia, dan agaphe

References

Adi, I. R. (2011). Fiksi Populer : Teori & Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amir, S. A., Lewa, I., & Badaruddin, M. S. (2020). Kebencian dan Amarah Tokoh Eksil dalam Cerpen Tanah Air dan Asmara dan Kematian di Perbatasan Tiga Negara karya Martin Aleida. Journal.Unhas.ac.id.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Baiq, P. (2021). Ancika. Bandung. Pastel Books.

Endaswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Feist, J., & Feist, G. J. (2008). Teori Kepribadian (Edisi Keenam). Jakarta: Salemba Humanika.

Hidayati, E. S., Wardiah, D., & Ardiansyah, A. (2021). Klasifikasi Emosi Tokoh dalam Novel Titian Takdir karya W Sujani. jptam.org.

May, R. (2018). Kreativitas dan Keberanian. Yogyakarta: Ircisod.

May, R. (2019). Manusia Mencari Dirinya. Yogyakarta: Basabasi.

Misiak, H., & Sexton, V. S. (2009). Psikologi Femonenologi Eksistensial Humanistik. Bandung: Refika Aditama.
Mukhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi.

Prakoso, D. (2019). Eksistensi Psikologis Tokoh Utama dalam Novel Lintang Kesaput Mega Karya Tulus Setiyadi (Tinjauan Psikologi Eksisensi Rollo May). Digilib.uns.ac.id.

Pratiwi, A. I., & Ahmadi, A. (2022). Eksistensi Tokoh Utama dalam Novel Lebih Senyap Dari Bisikan Karya Andina Dwifatma : Kajian Psikologi Eksistensial Rollo May. ejournal.unesa.ac.id.
Published
2022-12-22
Section
Articles