Kajian Pendekatan Psikologi Sastra Terhadap Kepribadian Tokoh Dalam Novel “Bukan Buku Nikah” Karya Ria Ricis

  • Kasmantoni Kasmantoni Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Vebbi Andra Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Fahmy Burniawan Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Keywords: pendekatan psikologi, novel, ria ricis, kepribadian tokoh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan bentuk aspek kepribadian tokoh dalam novel “Bukan Buku Nikah”  karya Ria Ricis ditinjau dari pendekatan psikologi sastra, Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi aspek kepribadian tokoh dalam novel “Bukan Buku Nikah”  karya Ria Ricis ditinjau dari pendekatan psikologi sastra. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk aspek kepribadian tokoh dalam novel “ Bukan Buku Nikah” karya Ria Ricis ditinjau dari pendekatan Psikologi Sastra. Kepribadian yang dimiliki oleh tokoh-tokoh yang ada pada novel “Bukan Buku Nikah” karya ” karya Ria Ricis terdiri dari 8 kepribadian, yaitu Baik 33%, Simpati 9%, pribadi yang Jahat 5%, pribadi yang tekun bekerja 33%, suka menolong 5%, berbohong 5%, pribadi yang tak lekas putus asa 5%, pribadi yang Php 5%,. Dapat dikatakan bahwa dari 8 aspek kepribadian yang dimiliki oleh masing-masing tokoh terdapat dua aspek kepribadian yang dominan dimiliki oleh tokoh-tokoh yang terdapat pada novel, yaitu kepribadian baik dan pribadi yang tekun bekerja  dengan persentase 33%.

References

Ali Imron Al-Ma’ruf dan Farida Nugrahani, Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi Surakarta: CV Djiwa Amarta Press, 2017.

Burhan Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Fiksi, Yogyakarta: Gajah Mada, 2002.

David Wisnu Aji, “Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Mars Karya AishworoAng: Kajian Psikologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA,” (Skripsi S-I Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

Eka Widyawan Cahya Putranto, “Aspek Kepribadian Tokoh Raihana dalam NovelPudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburrahman El Shirazy Tinjauan:Psikologi Sastra,” (Skripsi S-1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Univerersitas Muhammadiyah Surakarta, 2009.

Faruk, Metode Penelitian Sastra Sebuah Perjalanan Awal, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Hanizar Kuntarti dkk., “Analisis Psikologi Sastra terhadap Novel Berteman dengan Kematian Karya Sinta Ridwan”, Martono Susilowati, Ending Jurnal no. 2 vol. 3 Februari 2014.

https://id.wikipedia.org/wiki/konsep_diri. Diakses pada 4 Oktober 2021

Karnia Septia Kusumaningrum, “Aspek Kepribadian Tokoh Lintang dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata: Pendekatan Psikologi Sastra,” Skirpsi S 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009.

Kosasih, Apresiasi Sastra Indonesia, Jakarta: Nobel Edumedia, 2008.

Kotler & Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I (Jakarta: Erlangga, 2001.

Lis Yulianti Syafrida Siregar, “Mengenal Kepribadian melalui Psikologi Kepribadian,” Jurnal Darul ‘Ilmi, no 02 Juli 2013.

M. Zaim, Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural, (Padang: FSB UNP Press Padang, 2014.

Okto Francisco, “Kepribadian Tokoh Utama dalam Roman Momo Karya Michael Ende: Analisis Psikologi Sastra,” (Skripsi S-1 Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran Edisi Kesebelas (Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia, 2005.

Ruli Nur Safitri, “Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan pada Novel Orang Orang Biasa Karya Andrea Hirata dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0”,Setiawan Budhi Jurnal no. 2 vol. 3 Maret 2019.

Rene Wallek dan Austin Warren, Teori Kesusastraan: Sastra dan Psikologi, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2016.

Ria Ricis, Bukan Buku Nikah, Jakarta: L,Oveabele, 2020.

Suroto, Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia, Jakarta: Erlangga, 2009.

Suwardi Endraswara, Metode Penelitian Psikologi Sastra:Teori, Langkah, danPenerapannya Yogyakarta: Medpress, 2008.

Ria Ricis, Bukan Buku Nikah, Jakarta: L,Oveabele, 2020.

Rini Herlina, “Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Maimunah Cinta SangPerawan Karya Vanny Chrisma W.: Kajian Psikologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA,” (Skripsi S-1 Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2017.

Veny Octaviani, “Analisis Psikologi Sastra Tokoh Roro Ireng dalam Lakon Roro Ireng Karya Nurhidayat Poso dan Implikasi Pembelajarannya di SMA,” Skripsi S-1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pascasakti Tegal, 2020.

Wahyu Mintarsih, “Konflik Batin Tokoh Utama Pusparatri dalam Novel Pusparatri: Gairah Tarian Perempuan Kembang Karya Nurul Ibad, MS dan Relevansinya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMA Kelas XII Semester 1 (Suatu Tinjauan Psikologi Sastra ,”(Skripsi S-1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Penddikan, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2016.

Zuyyina Candra Kiran, “Pentingnya Gen dalam Membentuk Kepribadian Anak (Perspektif Pendidikan Islam),” Jurnal Dirasah ii, no. 2 Agustus 2019.
Published
2022-02-28
Section
Articles